Rabu, 21 Desember 2016

Kiat Merasa Lezat Membaca Ayat Al Quran


Sobat, bisa jadi anda senasib dengan saya, betapa sering membaca Al Qur'an namun ayat ayat yang anda baca terasa hampa dan hambar. Seakan semuanya hanya berlalu di lisan, sedangkan jiwa atau hati tetap saja tertutup bahkan sekedar terketuk saja tidak.

Mengkhatamkan Al Qur'an berkali-kali, namun tetap saja iman tidak bertambah, amal tetap malas, dan akhlaq tetap saja buruk.

Padahal setiap orang yang benar benar beriman, setiap kali dibacakan atau membaca Al Qur'an, jiwa mereka terguncang, hati mereka bergetar, dan semangat mereka untuk beramal berkobar-kobar. Allah Taala berfirman:
إِِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ 
Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakal, (Al Anfaal 2)

Anda menyadari bahwa saat ini diri atau tepatnya jiwa anda sedang sakit? Anda mau obatnya?

Mudah kok, dan tentu saja murah, obatnya ada pada ayat ketiga dan keempat dari surat Al Anfaal:
الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ {3} أُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَّهُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ 
(yaitu) orang-orang yang mendirikan salat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.(Al Anfaal 3-4)

Dan untuk menyempurnakan kesembuhan jiwa anda, maka setiap kali anda membaca ayat Al Qur'an, ajak jiwa anda untuk ikut membaca, bukan hanya lisan anda. Hadirkan jiwa anda, pusatkan pikiran anda pada ayat ayat yang anda baca, apalagi bila anda memahami artinya, maka camkan dan renungkan maknanya, niscaya iman segera merasuk ke dalam jiwa anda dan semangat beramalpun berkobar. Karena ketahuilah bahwa hanya orang-orang yang demikian itu yang dapat mengambil peringatan dari Al Qur'an: Allah Ta'ala berfirman:
إِنَّ فِي ذَلِكَ لَذِكْرَى لِمَن كَانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيدٌ 
Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya. (Qaaf 37)

Selamat mencoba, semoga bertambah iman dan bertambah semangat anda untuk beramal lillah Azza wa Jalla.

sumber : FB Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri MA.


EmoticonEmoticon